Belajar dari Jepang dan Ksatria Baja Hitam ( Kamen Rider )

Siapa yang tidak kenal dengan Jepang ?? Negara minim sumber daya alam namun kaya akan sumber daya manusia berkualitas ini sudah terkenal akan kemajuannya baik dalam hal ilmu pengetahuan maupun tekhnologinya. Lalu siapa yang masih ingat dengan produk khayalan ciptaan jepang yang bernama Ksatria Baja Hitam ?? atau yang lebih dikenal secara internasional sebagai Kamen Rider ?? di era tahun 90 an mungkin kita masih ingat dengan aksi pemuda bernama Kotaro Minami yang berjuang seorang diri membasmi kejahatan di kota tokyo. semakin berkembangnya zaman ksatria baja hitam telah berkembang dan mendunia tentunya dengan tekhnologi yang semakin canggih dan cerita yang variatif, namun tak melupakan identitas aslinya.

Apa yang menarik dengan Ksatria Baja Hitam lalu apa pengaruhnya terhadap kehidupan para generasi muda disana ??? kenapa film yang sebagian besar oleh masyarakat Indonesia disebut sebagai film yang kekanakan dan tidak masuk akal ini malah semakin mendunia dan bahkan Negara adidaya Amerika Serikat adalah negara yang berada paling depan untuk mengantri membeli hak paten film ini untuk diputar kembali di negara mereka dengan versi mereka. penulis mencoba mengangkat satu persatu apa yang menarik dari Cerita tokoh yang telah jadi legenda di jepang ini dan maaf sebelumnya apabila saya menjadikan

NILAI MOTIVASI yang TINGGI

Dari era Kamen Rider pertama Ichigo Nigo sampai pada era Kamen Rider terbaru yaitu Fourze, yang berbeda hanya tekhnologi dan jalan cerita yang semakin modern, namun yang tak pernah berubah adalah nilai motivasi yang selalu ada di dalam setiap serinya apapun versi Kamen Rider nya. ” Jangan pernah menyerah sekalipun tak ada harapan ” , ” Teruslah berusaha, suatu saat pasti berhasil ” atau ” percayalah pada kekuatan dan kemampuanmu sendiri “ adalah kata-kata yang selalu muncul dalam setiap seri film ini,  menurut survey anak-anak di jepang yang mengidolai Kamen Rider sebagian besar termotivasi dengan kata-kata idola mereka ini dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan mereka, sehingga memudahkan kerja para orang tua dalam memberikan semangat anak-anak mereka, jadi tidak usah heran mengapa generasi muda mereka begitu pandai, bersemangat dan tidak mudah menyerah karena setiap hari ” tontonan ” mereka juga mengajarkan hal yang berkualitas.

Bandingkan dengan cerita berseri dalam negeri atau sinetron, hampir semua isinya memiliki alur cerita yang berputar – putar, konflik yang dibuat – buat, mengajarkan kekerasan seputar pembalasan dendam, mengancam, bahkan membunuh serta menyakiti, bayangkan jika anak – anak ikut menonton hal yang seperti ini, karena sifat dasar anak – anak adalah meniru, maka jangan heran banyaknya pelaku kriminal di negeri ini adalah sebagian besar remaja dan anak – anak.

Buat saya pribadi , upin ipin adalah satu – satu nya tontonan berseri yang benar – benar mengajarkan nilai moral kepada anak – anak, tapi itu juga produk negeri tetangga Malaysia, selain itu laptop si Unyil dan petualangan si Bolang juga memiliki nilai budaya yang besar dan pembelajaran yang baik, sayangnya tidak diputar secara berseri dengan alur cerita yang menarik bagi generasi muda.

PENYAJIAN JALAN CERITA YANG SESUAI UNTUK SEMUA KALANGAN UMUR

Walaupun pemerannya rata – rata orang dewasa, namun jalan ceritanya bisa dikonsumsi oleh semua golongan usia, artinya tidak ada unsur cerita tak layak konsumsi bagi golongan usia tertentu, jalan cerita mungkin agak monoton dimana dalam setiap episode selalu ada monster dan perkelahian lalu diakhiri oleh musnahnya pihak yang jahat, namun selalu ada nilai sebab yang diangkat sehingga menimbulkan hal yang ” jahat ” yaitu ambisi dan keserakahan, sehingga di akhir atau ending setiap episode selalu diangkat bahwa ambisi dan keserakahan selalu jadi penyebab utama hancurnya manusia, lalu disertai himbauan untuk selalu rendah diri.

survey di jepang membuktikan bahwa salah satu sikap santun dengan membungkukkan badan, menghargai waktu dan orang lain serta rendah diri yang jadi budaya mereka paling mudah diajarkan melalui tontonan ini dan sebagian besar anak-anak di jepang pun menjadi santun karenanya.

kembali ke dalam negeri, agak sulit membedakan mana tontonan untuk anak – anak, mana tontonan untuk dewasa. sampul depan mungkin ini cerita untuk anak – anak dan pemerannya pun rata – rata anak – anak dan remaja, namun jalan cerita yang disajikan seputar percintaan yang sebenarnya belum layak konsumsi untuk usia tertentu.  sebuah lembaga membeberkan hasil survey mereka bahwa faktor penyebab generasi muda menjadi begitu lemah, mudah terbuai dan menjadi ” alay ” adalah karena tontonan mereka yang seperti ini. tak jarang hal ini berlanjut kepada dampak negatif  lainnya seperti maraknya pernikahan usia dini, hamil diluar nikah, dan banyaknya remaja yang dibawa kabur pasangan mereka.

NILAI PATRIOTISME 

Semangat juang dan nilai patriotisme yang tinggi selalu ada di setiap episode dan di setiap versi ceritanya, walaupun tak ada harapan semangat juang tak pernah pudar . Bagaimana dengan tontonan dalam negeri ??? beberapa tontonan dalam negeri yang menyajikan semangat juang yang tak pernah padam diantaranya : laskar pelangi, Garuda didadaku, Merah Putih dll. namun tontonan ini hanya diputar di bioskop dan akan ada di televisi lokal setelah beberapa bulan kemudian. jika diputar rutin mungkin lebih baik daripada cerita yang mengangkat dimana tokoh yang baik selalu pasrah teraniaya tanpa ada usaha untuk melawan atau memperjuangkan kebenaran.

Berpasrah diri akan suatu masalah itu bagus, namun ada usaha untuk memperbaiki keadaan dan berjuang agar sesuatunya lebih baik lagi itu lebih bagus, takdir manusia sudah ditentukan, namun masih bisa berubah dilihat dari usaha manusia yang bersangkutan. 11 Maret 2011, Jepang dihantam badai tsunami yang meluluhlantahkan sebagian besar infrastruktur di negara maju tersebut, namun kurang dari 6 bulan semua kembali berangsur-angsur normal. semangat juang yang tinggi untuk memperbaiki keadaan didukung dengan pemerintahan yang kondusif menjadi kunci cepat pulihnya mereka dari cobaan yang mendera negara mereka. tanpa mengharap bantuan atau membuka kotak amal dan hanya mengandalkan semangat juang generasi mudanya mereka bisa melalui ini semua. semangat juang generasi muda jepang ini banyak di ilhami dari tokoh idola mereka, salah satunya kamen rider. bandingkan dengan penanganan tsunami aceh yang walaupun telah banyak dibantu oleh pihak asing masih saja bermasalah dan tidak selesai sampai sekarang.

BERANI BERMIMPI

Hampir semua alur cerita mengangkat tentang mimpi para pemainnya. Semua berawal dari mimpi disertai usaha dan jadilah sebuah kesuksesan. jangan takut bermimpi karena itu adalah awal sebuah kesuksesan. lihatlah film kamen rider, mungkin awalnya hanya di ” mimpi ” lah ada yang mampu berubah seperti itu, namun mimpi ini lambat laun menjadi nyata. inspirasi tekhnologi kemajuan jepang, mulai dari robot sampai ke tekhnologi komputer di inspirasi oleh mimpi didalam film khayalan ini, menurut sebuah sumber, bermimpi bisa menyamai tokoh idola mereka, kamen rider, seorang anak di jepang mampu menciptakan sebuah robo matic dengan tekhnologi yang hampir mirip di tontonan yang diidolakannya.

pernah mendengar semasa kecil maupun saat ini, beberapa dari kita pernah berkata, ” Jangan kebanyakan mimpi, nanti jatuhnya sakit .. ” ?? jika untuk bermimpi saja kita di takut – takuti akan gagal bagaimana mungkin kita bisa maju ?? bukankah semua kesuksesan awalnya dari mimpi dan diwujudkan dalam bentuk usaha ?? dan bukankah ada nilai pembelajaran berharga dari setiap kegagalan ?? lalu mengapa kita takut gagal, sementara orang2 yang telah maju dan sukses sebelumnya juga mengalami banyak kegagalan . dan bagaimana mungkin negara ini bisa maju jika sebagian besar bangsanyan tidak berani bermimpi dan takut gagal sehingga akhirnya takut mencoba ?? mungkin harus dibuat juga tontonan yang mengajarkan pentingnya sebuah mimpi dan keberanian untuk gagal.

Dan masih banyak lagi hal – hal positif yang bisa diambil walau dari sekedar tontonan dan tokoh khayalan. sekarang silahkan menilai mana tontonan yang berkualitas dan mana yang tidak. ambillah nilai pelajaran walaupun dari hal yang kecil sekalipun, karena orang yang berhasil adalah orang yang tidak pernah menyepelekan hal – hal yang kecil.

( @aanromanza – the note – )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s